Laporan Aktivitas Magang



LAPORAN MAGANG USBJJ STIK-PTIK


POLDA LAMPUNG






DWI NOVIANTO






LAMPUNG
2014

Pendahuluan


STIK - PTIK (Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian - Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian) adalah sekolah tinggi satu satunya kepolisian di Indonesia yang melayani S1 dan S2, PTIK mempunyai kapasitas asrama sebanyak 700an siswa, dimana tiap tahun ada tiga angkatan, artinya tiap angkatan sekitar 200-an.
Sedangkan Polisi yang harus dilayani sampai 2015 sebanyak 70.000an siswa, ini membuat PTIK merubah metode pembelajran menjadi PJJ, pada tahun 2009 - 2010 PTIK sebenarnya sudah mencoba PJJ, tetapi di larang oleh DIKTI karena menggunakan model kelas jauh.
Pada tahun 2012 SEAMOLEC dan PTIK melakukan MoU untuk membantu PTIK menjalankan PJJ nya. Saat ini PTIK sudah menyiapkan bahan ajar untuk PJJ, PTIK menunjuk Polda di seluruh Indonesia menjadi Sub Kampus dan Kampus utama berada di PTIK Jakarta.
PJJ di PTIK mempunyai karakter yang unik, berbeda dengan tempat lain yang memberikan kemandirian kepada mahasiswa, Kepolisian mengedepankan kedisiplinan dalam segala hal.
PJJ di PTIK mewajibkan adanya tatap muka secara online, untuk itu PTIK menggunakan Webconferences, ini pun harus dilakuan secara bersamaan di tiap Polda. 
Untuk Webconfelrneces PTIK memilih BigBlueButton, saat ini mereka sudah mempunyai server induk BBB di PTIK dengan jalur 30 Mbps, permasalahan terjadi di Polda. Secara teori (kerjasama antar Telkom dan Polri) tiap Polda mempunyai ke kuatan 3 Mbps, dimana 2 Mbps akan disebar untuk ke semua staff, dan 1 Mbps akan di gunakan oleh KaPolda (Kepala Polda).
Setelah uji coba beberapa kali menggunakan BBB di tiap Polda tidak mempunyai kekuatan yang cukup, untuk itu SEAMOLEC membantu dengan menaruh 33 Mahasiswa D4 ITB ke tiap Polda untuk membatu secara teknik.
Pendidikan jarak jauh dan sistematisnya, hal inlah yang menjadi topik dalam kegiatan pelaksanaan magang saya. Penulis magang di Polda Lampung sebagai tenaga operasional dalam rangka menyukseskan pembelajaran jarak jauh untuk para Perwira Polisi lulusan AKPOL tahun 2003 – 2010 yang belum menyelesaikan Sarjana Ilmu Kepolisian (Strata Satu/S1). Sebelum jauh melangkah dan membahas aktifitas penulis selama di Polda Lampung, penulis akan menjelaskan bagaimana penulis dapat magang di tempat tersebut.
D4 ITB – Seamolec merupakan program pendidikan yang diprakarsai oleh Seamolec dengan membangun hubungan kerjasama dengan ITB. Penulis merupakan salah satu yang telah bergabung dalam program tersebut. Pendidikan jarak jauh merupakan program kerja Seamolec guna mencapai pendidikan yang mampu menghasilkan kompetensi keahlian, dengan mempertimbangkan beberapa faktor :
1)    Mudah diakses secara online
2)    Murah dalam biaya
3)    Masal (massive) tidak ada pembatasan peserta
4)    Minat terhadap pelatihan sangat ditentukan oleh kompetensi yang spesifik dan menjawab kebutuhan pasar kerja, dan
5)    Mampu meningkatkan kompetensi keahlian sesuai kebutuhan.
Dari hal – hal inilah sehingga Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian menggandeng Seamolec dalam rangka melaksanakan dan menyukseskan pendidikan jarak jauh (PJJ) untuk para Perwira Polisi. Dan hal itulah yang melatar belakangi penulis sehingga penulis dapat magang di salah satu Polda di Negara kita yang tercinta ini.

Model Program Pendidikan Jarak Jauh yang Dilakukan oleh STIK - PTIK


Dengan Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang semakin pesat di era globalisasi saat ini tidak bisa dihindari lagi pengaruhnya dalam dunia pendidikan, khususnya dalam pembelajaran. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pembelajaran dengan menggunakan TIK lebih baik dibanding dengan pembelajaran tradisional atau kenvesional. Proses pembelajaran yang dilakukan dengan memanfaatkan web dalam penyajian materi, merupakan salah satu sarana yang digunakan dalam pelaksanaan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ).
PJJ dilakukan dengan menggabungkan metoda pembelajaran jarak jauh di luar kampus (off campus) dengan di dalam kampus (on campus) dengan total waktu pendidikan selama 18 bulan yang terbagi atas 4 semester. Tiap semester terdiri atas 4,5 bulan, untuk  semester 1 dan 4 dilaksanakan secara on campus, semester 2 dan 3 dilaksanakan secara off campus dengan menggunakan metoda pembelajaran tatap muka melalui sarana web conference (webcon) dan atau video conference (vicon), turotial, belajar mandiri dan penyampaian bahan ajar, modul, video, termasuk e-chatting dan pengerjaan tugas-tugas, paper serta ujian melalui sarana e-learning,
Dengan demikian STIK – PTIK secara simultan menyelenggarakan dua pola pendidikan jenjang sarjana (S-1) PTIK di kampus STIK-PTIK Jakarta dan di Akpol Semarang sebagai kampus luar domisili yang diperuntukkan bagi alumni Akpol yang secara otomatis begitu lulus langsung-dilanjutkan dengan pendidikan sarjana (S-1) PTIK.
Menyikapi hal-hal tersebut di atas, Lemdikpol berencana menyelenggarakan program PJJ, diawali dengan program pendidikan S1 STIK-PTIK sebagai pilot project. Hal ini dilandasi pertimbangan bahwa PTIK pernah menyelenggaran  PJJ untuk program studi S1 selama 5 tahun, dari 2005 s.d. 2010. Sehingga, komponen pendidikan untuk penyelenggaraan program dimaksud sudah tergelar dan dapat segera dioperasionalkan. Dan sebagai lembaga pendidikan tinggi di lingkungan Polri yang merupakan kelanjutan dari pendidikan Akpol, PTIK bertugas menyelenggarakan pendidikan program Sarjana dan Pascasarjana Ilmu Kepolisian guna meningkatkan kapasitas para Perwira Polri yang professional sebagai ilmuwan dan praktisi, sekaligus memiliki kualifikasi sebagi manajer tingkat menengah.
Berdasarkan pemikiran inilah, maka Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian PTIK (STIK-PTIK) menyelenggarakan Program Pendidikan Jarak Jauh (PJJ) yang dikhususkan bagi perwira polisi lulusan Akademi Kepolisian (AKPOL) pada tahun 2003 – 2010 yang belum menyelesaikan program Sarjana Ilmu Kepolisian (Strata Satu/S1), dengan sistem PJJ yang telah didesain secara terstruktur dan komprehensif (blended learning) dengan memadukan antara kuliah tatap muka termediasi web conference, e-learning berbasis web dan belajar mandiri,  sehingga diharapkan akan menghasilkan perwira polisi yang tangguh secara keilmuan dan memiliki kemampuan TIK yang handal, guna mendukung tugasnya sebagai pengayom masyarakat secara profesional.

Teknis Pelaksanaan Kegiatan Magang


Aktifitas Magang Bulan Desember
Pada tanggal 23 desember 2013, penulis sampai di POLDA lampung sekitar pukul 13.00 setelah makan siang bersama polisi yang menjemput penulis. Penulis langsung diarahkan ke ruangan SDM. Setelah disana, penulis diperintahkan untuk menunggu Karo SDM yang sedang keluar untuk keperluan tertentu. Sekitar pukul 15.00 Karo SDM datang dan penulis pun langsung menghadap. Penulis memberikan surat pengantar dan menjelaskan tentang amanat dan tanggung jawab saya di POLDA Lampung ini. Setelah itu karena rumah asal penulis memang berada di Lampung jadi polisi yang ada di POLDA tidak menyediakan tempat tinggal. Dan penulis hanya disuruh datang ke POLDA pada saat pihak dalpers menghubungi dan saat ada acara resmi ataupun informasi dari pusat.
Pada bulan ini penulis banyak melakukan pendekatan komunikasi pada orang dalpers dan bidang TI di Polda tersebut. Hal itu penulis lakukan agar penulis lebih nyaman untuk melakukan kerjasama dalam rangka Menyukseskan PJJ di Polda Lampung. Penulis melakukan beberapa kali pengecekan terhadap jaringan yang digunakan untuk PJJ. Untuk kelas PJJ di Polda Lampung lokasi yang dipilih adalah di gedung Polda 2 Lampung yang dimana gedung tersebut terpisah dari kantor dalpres. Sehingga hanya pada saat ada kegiatan resmi saja ruangan kelas tersebut digunakan.

Aktifitas Magang Bulan Januari
Pada tanggal 8 januari 2014 merupakan hari “Launching Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)” yang dibuka oleh Bapak Kapolri melalui web conference dengan mengunakan aplikasi Cisco Webex Meeting dan dihadiri oleh 32 Polda secara web conference juga.  WebEx adalah sebuah aplikasi online yang dikembangkan oleh Cisco yang membuat para pengguna saling berkolaborasi lewat gambar, video, dan suara dari mana pun secara lebih mudah. Berikut adalah paparan latar belakang diselenggarakanya PJJ untuk para perwira oleh PTIK – STIK pada saat launching.
Setelah launcing PJJ, kegiatan yang saya laukukan ialah maintenance jaringan dan melakukan uji coba dan uji coba lagi untuk mengetahui kendala terhadap client – client (setiap polda yang terlibat PJJ) baik dari sisi jaringan maupun penggunaan webex sebagai web conference.
Aktifitas Magang Bulan Februari
Pada pertengahan mendekati akhir di bulan ini, PTIK – STIK menyelenggarakan conference untuk membahas tugas dan subtugas bagi para Administrator, Teknisi, dan Mentor di setiap Polda. Conference ini bersifat mengikat terhadap para Admin, Teknisi, dan Mentor karena ini merupakan tanggung jawab mereka selama PJJ dilaksanakan.

Dokumentasi
Keadaan Ruang Kelas PJJ

 


Acara Launching PJJ STIK – PTIK di Ruang VCON Assesment Polda Lampung


           


     Link video rekaman Web Conference



           Launching PJJ PTIK - STIK

            Rapat Admin, Mentor, dan Koordinator Mentor


Komentar

Postingan Populer