Bimbingan Dosen dan Asdos 11 Juli 2014

Pada hari ini kami melakukan bimbingan pertama kali kepada Dosen Pembimbing kami. Dosen pembimbing kami adalah Dr. Ir. Aciek Ida Wuryandari, jadwal bimbingan kami hari ini adalah perkenalan sekaligus mempresentasikan hasil kerja yang nantinya akan kami kerjakan.
Dari presentasi yang kami sampaikan pada beliau, banyak pembelajaran yang kami dapat. Seperti pada saat penyampaian presentasi yang sebaiknya dibuka oleh pemimpin dari tim kami yaitu Yufri Isnaini Rochmat Maulana. Selain itu pada saat presentasi haruslah menggunakan kalimat baku sesuai EYD. Kata “bisa” tidak boleh digunakan pada saat presentasi maupun penulisan pada power point, kata “bisa” tersebut haruslah diganti menggunakan “dapat”. Untuk penulisan pada slide haruslah menggunakan bahasa Indonesia yang baku. Seperti contoh “Inputan data rumah sakit”, kalimat tersebut merupakan kalimat yang salah karena penggunaan bahasa Indonesia yang dicampur menggukan bahasa Inggris. Kalimat tersebut seharusnya diganti menjadi “Memasukkan data rumah sakit”.
Beliau memberi kami masukkan mengenai sistem dari Tugas Akhir kami yaitu proses penyimpanan data Electronic Health Record yang berupa rekapitulasi kesehatan pengguna hendaknya dipisahkan berdasarkan tahun. Sehingga untuk rekam medik pengguna setahun sebelumnya hendaknya dipindahkan pada penyimpanan data yang lain yang lebih aman, agar nantinya tidak memberatkan pengguna dalam mengakses.
Setelah itu beliau memberikan masukkan untuk barang yang dijual apotek tidak hanya menampilkan obat saja, melainkan apotek dapat menampilkan alat-alat kesehatan apa saja yang disediakan oleh apotek tersebut. Jadi pengguna dapat melihat penjualan alat kesehatan seperti kursi roda, tensi digital, alat pengukur gula darah, dan lain-lain.

Setelah kami bimbingan pada ibu Aciek, kami segera menemui bapak Rifki selaku asisten dosen kami untuk melaporkan hasil kerja kami kemarin. Kami melaporkan bahwa device Smart Chair yang akan kami gunakan tidak dapat berjalan dikarenakan PCB dari perangkat tersebut hilang. Sebagai solusinya, beliau memberikan masukkan agar perangkat tersebut dapat bekerja tanpa menggunakan arduino ataupun perangkat elektronik lainnya dapat dimanipulasi dengan microphone. Jadi pada perangkat Smart Chair tersebut dipasang sebuah microphone yang telah tersambung pada perangkat laptop atau PC. Jika telah tersambung nantinya microphone akan diberikan perangkat khusus yang gunanya untuk memperbesar suara. Dari suara tersebut kami dapat menggambil detak jantung pengguna perangkat tersebut.
Selain Smart Chair permasalahan kami terletak pada peminjaman smart watch dimana perangkat tersebut dibawa oleh pak Syahban. Untuk peminjamannya dibutuhkan surat peminjaman agar ada penanggung jawab dari perangkat tersebut jelas. Mengenai perijinan kerjasama, kami juga memiliki masalah pada perijinan kerjasama pada rumah sakit yang nantinya akan menggunakan aplikasi ini. Tadinya kami akan melakukan percobaan ini pada seluruh rumah sakit yang ada di kota Bandung. Kami telah mencoba mempertanyakan proses ini pada rumah sakit Hasan Sadikin. Perwakilan rumah sakit itu mengatakan bahwa rumah sakit sedang sibuk hingga tanggal 17 Juli 2014, sehingga kami dapat mengirimkan surat kerjasama diatas tanggal tersebut. Setelah kami bersama pak Rifki mempertimbangkan, akhirnya menemui kesepakatan bahwa pengguna aplikasi ini saat ini diuji cobakan pada dokter yang membuka praktek. Hal ini dikarenakan fitur masukkan data untuk rumah sakit belum ada. Jadi tugas kami selanjutnya adalah mencari dokter yang dapat bekerja sama untuk melakukan uji coba aplikasi ini.
Aplikasi ini juga diperuntukkan untuk apotek, tetapi kendala yang kami temui adalah belum adanya form masukkan khusus untuk pegawai apotek untuk memasukkan barang apa saja yang dijual pada apotek itu. Selain itu nantinya menu ini akan ditambahkan fitur belanja obat secara online. Jadi pengguna dapat membeli obat-obat apa saja yang akan dibeli, setelah itu barulah pengguna dapat melakukan pembayaran menggunakan transfer rekening.
Kurang lebihnya seperti itu bimbingan yang kami peroleh untuk hari ini. Kami berharap semoga diberi kelancaran hingga akhir penyusunan Tugas Akhir kami ini.

Komentar

Postingan Populer